Memahami 5 Etika Mengunjungi Bayi Baru Lahir

Jakarta – Kelahiran bayi orang tua, teman atau saudara membawa kebahagiaan dan antusiasme. Bahkan, Anda tidak ragu menawarkan kado yang bagus untuk kelahiran bayi. Mungkin Anda tidak sabar datang untuk bisa menggendong, membelai dan mencium bayi.

Namun, tunggu! Saat mengunjungi bayi baru lahir, ada aturan yang harus Anda pahami. Aturan-aturan ini harus Anda lakukan demi bayi dan kenyamanan ibu. Berikut adalah aturan yang perlu Anda pahami:

1. Jangan datang saat Anda sakit
Anda harus membatalkan atau menunda niat Anda untuk mengunjungi bayi yang baru lahir jika Anda sakit. Anda harus memahami bahwa hal terburuk yang dapat terjadi pada bayi baru lahir adalah kedatangan penyakit. Sistem pertahanan tubuh bayi yang baru lahir selalu rentan dan tidak sempurna. Jadi, demi kebaikan bayi, lakukan setidaknya satu minggu setelah pemulihan Anda.

2. jangan mencium bayi
Kebanyakan orang suka mencium bayi yang baru lahir karena kegelisahan dan cinta untuk aroma khas bayi. Namun, mencium bayi tidak dianjurkan. Bayi baru lahir sangat rentan terhadap infeksi, jadi penting untuk mengingat aturan ini. Bahkan, jangan mendekatkan wajah Anda ke wajah bayi dan pastikan untuk mencuci tangan sebelum menyentuhnya.

3. Memegang atau menggendong bayi jika diizinkan
Anda tidak hanya harus memegang atau menggendong bayi sampai Anda mendapatkan izin dari ibu Anda. Jika Anda memiliki izin, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Perhatikan juga kondisi bayi, Anda tidak boleh mengganggu atau memegangnya jika bayi sedang tidur.

Bayi masih sangat kecil, masih bisa sangat sensitif dengan bau pakaian dan parfum. Jadi yang terbaik adalah jika bayi tenang di tempat tidur, biarkan dia sendiri. Sebagai pengunjung, Anda tidak perlu mengangkatnya.

4. Jauhkan anak-anak kecil dari jangkauan bayi
Yang terbaik adalah tidak membawa anak-anak Anda ketika mengunjungi bayi yang baru lahir. Bahkan jika mereka perlu diangkat, jauhkan bayi dari bayi. Karena anak-anak secara alami memiliki rasa ingin tahu yang besar ketika mereka bertemu bayi kecil. Namun, membuat anak mengunjungi bayi yang baru lahir dapat menyebarkan kuman. Perlu juga dicatat bahwa anak kecil dapat menarik tangan atau kaki bayi dengan kasar, atau mencium pipi bayi dengan keras karena sangat garing.

5. Kembalikan bayi ke ibunya jika dia menangis
Jika bayi yang baru lahir menangis ketika Anda memakainya, yang terbaik adalah memberikannya kepada orang tua Anda segera. Meskipun Anda memiliki anak terlebih dahulu dan merawat mereka, itu tidak berarti bahwa Anda dapat menenangkan bayi Anda. Namun, orang tua bayi adalah tempat paling nyaman.

Ketika Anda mengunjungi bayi yang baru lahir, jelas akan ada banyak pembicaraan. Ucapkan selamat kepada bayi dan ibu dengan tulus. Jangan pernah mencoba memberi nasihat kecuali ibu bertanya kepada Anda. Biasanya, ibu yang melahirkan masih merasa lelah. Jika Anda terus-menerus menerima informasi, ibu mungkin menjadi bingung, pusing dan stres.

 44,841 total views,  177 views today

Related posts

Leave a Comment