Apakah Berbahaya Minum Teh Es Manis Untuk Berbuka puasa?

Apakah Berbahaya Minum Teh Es Manis Untuk Berpuasa?

Salah satu minuman paling populer di Indonesia adalah es teh manis. Minuman ini dapat ditemukan di stand, restoran atau sendirian di rumah. Rasa yang menyegarkan sering dianggap sebagai makanan cepat saji. Apakah adil jika Anda minum es teh manis untuk berbuka puasa?

Dampak makan es teh manis saat berbuka
Meskipun dapat membawa kesegaran dan memuaskan dahaga segera setelah jam tanpa makan atau minum, para ahli kesehatan tampaknya tidak merekomendasikan teh es manis sebagai minuman pertama yang dikonsumsi saat puasa. Mereka lebih suka air putih atau air panas yang bisa mencegah sakit tenggorokan.

Bahkan, jika kita memilih untuk mengkonsumsi teh manis panas, itu akan dianggap jauh lebih baik daripada teh es manis, karena akan membuat tenggorokan lebih nyaman ketika berbuka puasa.

Apakah Berbahaya Minum Teh Es Manis Untuk Berpuasa?

Lantas, bagaimana dengan kandungan gula dari minuman ini? Pakar kesehatan berpendapat bahwa orang sehat tidak mengkonsumsi masalah dengan teh manis panas, karena ketika puasa, gula darah biasanya turun secara signifikan. Minum selama puasa harus mengembalikan keseimbangan gula darah. Namun, bagi penderita diabetes, yang terbaik adalah menghindari konsumsi teh manis karena tubuh biasanya tidak dapat mengontrol gula darah.

Satu hal yang pasti, setelah mengonsumsi minuman manis, sebaiknya kita tidak terus mengonsumsi makanan manis seperti kue atau kue kering. Jika kita melakukan ini dengan berbuka puasa, itu dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam berat badan.

Jangan minum es teh manis berlebihan
Jika kita sudah terbiasa makan es teh manis selama istirahat cepat, para ahli kesehatan menyarankan kita untuk mulai mengurangi frekuensi konsumsinya. Selain itu, bahkan jika Anda dapat merasakan kesegaran luar biasa setelah minum, hindari makan terlalu banyak es teh.

Selain menyebabkan perut kembung dengan minum banyak, dikhawatirkan terlalu banyak minum es teh, yang juga bisa menyebabkan masalah ginjal. Ini karena tingginya kandungan asam oksalat dalam teh. Jika dikonsumsi terlalu banyak, harus dikhawatirkan kandungan ini akan tertanam di dalam ginjal dan kemungkinan meningkatkan risiko batu ginjal yang menyakitkan.

Ini berarti bahwa jika kita makan es teh manis, kami sarankan Anda membatasi minuman ini satu atau dua gelas untuk menghindari kelebihan.

Jangan sembarangan membeli es teh manis
Selain membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan, para pakar kesehatan menyarankan agar kita tidak sembarangan membeli teh es manis, karena ini bisa memicu diare. Faktanya, pemicunya bukanlah teh yang sebenarnya termasuk dalam minuman sehat dan kaya nutrisi, tetapi karena penggunaan es batu yang mungkin kurang higienis.

Jika kita membeli es teh manis dari pedagang kaki lima atau kios yang menggunakan es air mentah atau mentah, kita bisa menelan berbagai bakteri yang dapat memicu gangguan pencernaan seperti diare. Vibra kolera adalah salah satu dari bakteri ini.

Masalahnya adalah banyak penjual minuman berpikir bahwa es batu air mentah aman untuk dikonsumsi. Faktanya, bakteri dalam air mentah tidak mati dan tidak masuk ke tubuh kita setelah dikonsumsi, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan ini.

 950 total views,  2 views today

Related posts

Leave a Comment