DESA MESIGIT GELAR MUSDES RKPDES TAHUN 2020

Beritarakyatonline.com – Pemerintah Desa Mesigit Kecamatan Air Padang Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa (Musdes RKPDes) Tahun Anggaran 2020. Musdes RKPDes ini dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Pendamping Desa, Bidan Desa, Anggota BPD, Camat Air Padang Bapak Aliamran, Kepala Puskesmas dan Masyarakat Desa setempat yang dilaksanakan di Kantor Desa Mesigit Jum’at 27/09/2019

Dalam Sambutanya Kepala Desa, Eri Hermawan Mengungkapkan Musdes ini dugelar Bertujuan untuk Membahas Apa yang ingin di bangun di Desa Mesigit . Musyawarah Desa (MUSDES) diselenggarakan secara partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel berdasarkan kepada hak dan kewajiban masyarakat. Musyawarah Desa (MUSDES)  ini dilakukan untuk menyusun rencana kerja Pemerintah Desa yang dilakukan dengan cara musyawarah. Dengan adanya Musyawarah Desa ini untuk menyepakati hal yang  bersifat strategis dan dapat menyampaikan usulannya yang akan di rangkum dalam RPKDes Tahun Anggaran 2020. Kepala Desa Mesigit mengharapkan  seluruh perangkat Desa dan masyarakat yang ada diDesa Mesigit untuk bersama-sama menyusun program ataupun rencana pembangunan yang ada di Desa ini. Musyawarah Desa (MUSDES) ini tidak hanya dilakukan untuk menentukan pembangunan yang berupa fisik saja, namun juga menentukan penyusunan dan pengadaan bidang pemberdayaan, sosial budaya dan ekonomi yang ada di Desa Mesigit.

Camat  Air Padang, Aliamran  yang turut hadir dalam musyawarah Desa juga mengungkapkan musyawarah ini harus dihadiri oleh seluruh unsur linier yang ada di Desa untuk bersama-sama menyusun program ataupun rencana pembangunan yang ada di Desa ini. Musdes dan penyusunan RPKDes ini tidak hanya dilakukan untuk menentukan pembangunan yang berupa fisik saja, namun juga menentukan penyusunan dan pengadaan bidang pemberdayaan, sosial budaya dan ekonomi Desa. Dengan adanya musyawarah Desa ini diharapkan dapat mengahsilkan Peraturan Desa yang disepakati oleh Pemerintah Desa yang dimana didalamnya melingkup bidang  pembangunan, pemberdayaan, sosial budaya dan ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa. Selain itu, Camat  menjelaskan tentang fokus utama permendes dalam pengelolaan Dana Desa (DD) ini khusus untuk bidang pendidikan baik itu dalam maupun luar sekolah yang merupakan milik Desa.

Bidan Desa Mengungkapkan membangun suatu sistem di suatu Desa yang bertanggung jawab untuk memelihara kesehatan masyarakat itu sendiri sangatlah penting,. Di samping itu, juga dilibatkan berbagai pengurus Desa untuk mendorong peran serta masyarakat dalam program kesehatan seperti imunisasi dan posyandu. “Ujarnya

Pendamping Desa, Wahyu mengatakan dengan adanya Musdes ini masyarakat diminta untuk menyampaikan usulan apa yang akan menjadi kebutuhan mendasar dalam penyusunan RKPDes 2020 kedepan. Dan ia juga mendorong masyarakat, untuk sama-sama mengawal anggaran Dana Desa supaya dipergunakan untuk membangun Desa. Ia berharap, agar musyawarah ini menjadi ruang diskusi untuk mencapai tujuan pembangunan (IH/BRO)

Peserta Musdes Menyayikan Lagu Indonesia Raya
Kepala Desa Mesigit Bapak Eri Herwan
Kata Sambutan Dari Kepala Puskesmas Air Padang
Kata Sambutan Dari Camat Air Padang Bapak Aliamran
Pendamping Desa Bapak Wahyu
Kata Sambutan Dari Anggota BPD
Bidan Desa
Perangkat Desa
Peserta Musdes Desa Mesigit
Peserta Musdes
Penandatanganan Berita Acara

1,857 total views, 5 views today

Related posts

Leave a Comment