Gubernur Membuka Rapat KARHUTLA Tahun 2019

Beritarakyatonline.com – Menindaklajuti Radiogram dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) tentang Antisipasi Kewaspadaan Dini Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Gubernur Bengkulu ditunjuk secara langsung sebagai Komandan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Bengkulu, Jumat (27/9/2019).

Radiogram dari Mendagri RI Tjahyo Kumolo dengan Nomor 364/9565/SJ Tanggal 17 September 2019 juga ditujukan untuk seluruh Gubernur yang wilayahnya terjadi Karhutla.

Mendagri juga meminta Gubernur untuk terus berkoordinasi secara intensif dengan jajaran TNI/POLRI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta pihak lainnya lebih intensif.

Selain itu, dalam Radiogram tersebut, Kemendagri juga memerintahkan kepada kepala daerah ( Bupati/ walikota) diwilayahnya untuk mengaktifkan Satgas Karhutla kabupaten/kota serta melibatkan masyarakat dan dunia usaha secara intensif.

“Menyikapi hal ini, Gubernur Bengkulu telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait dengan penanganan Karhutla pada tahun 2012, diikuti dengan Surat Keputusan Gubernur pada tahun 2012 dan secara rutin setiap tahun kita membuat surat edaran,” jelas Gubernur Rohidin.

Dijelaskan Gubernur Rohidin, ada dua Faktor utama penyebab Karhutla yaitu, faktor alam dan fakor prilaku manusia yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Guna mengatasi hal itu, jelas rohidin, ada empat poin yang harus dilakukan yaitu pengendalian, proaktif dalam mengatasi Karhutla tanpa harus menunggu perintah, penegakan hukum serta menjaga wailayahnya masing-masing dari kejadian Karhutla.

“Jika keempat poin ini dilakukan, maka tentu Karhutla dapat terkendali. Pencegahan dikedepankan, jika terjadi dapat segera bertindak pada posisi masing-masing tanpa harus menunggu perintah, jika ada pelakunya dapat ditindak secara hukum serta dapat menjaga wilayahnya masing-masing,” jelas Gubernur Rohidin/BRO

2,073 total views, 5 views today

Related posts

Leave a Comment