Lebih dari 25 peluang yang menjanjikan untuk bisnis makanan di sekitar kita

Lebih dari 25 peluang yang menjanjikan untuk bisnis makanan di sekitar kita

beritarakyatonline.com –  Ada banyak peluang bisnis makanan yang menguntungkan di sekitar kita. Makanan adalah kebutuhan manusia yang paling mendasar karena semua manusia membutuhkan makanan untuk menyediakan nutrisi dan energi bagi tubuh mereka. Dan peluang bisnis makanan atau bisnis kuliner mungkin adalah jenis bisnis yang tidak akan pernah mati karena banyak orang akan selalu mencarinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka.

Jika melihat pasar Indonesia, tentu saja ada banyak peluang bisnis makanan yang bisa dibuat oleh para pelaku bisnis potensial yang menyukai bisnis kuliner. Orang Indonesia dikenal konsumtif dibandingkan dengan negara lain, bahkan dalam hal makanan. Indonesia memiliki berbagai jenis makanan dari berbagai daerah, dari makanan utama hingga sandwich. Harganya pun bervariasi mulai dari yang murah, hingga yang mahal.

Menjalankan bisnis kuliner tentu bukan hal yang mudah. Namun, Anda dapat menggunakan beberapa perusahaan makanan komersial yang menguntungkan dengan modal yang relatif kecil. Nah, jika Anda ingin mencoba memanfaatkan peluang bisnis makanan yang menguntungkan bagi Anda, Anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu.

Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa jenis bisnis kuliner yang menjanjikan, disesuaikan dengan minat dan kemampuan Anda:

A. Ide Bisnis Makanan Ringan / Camilan

Hampir semua orang di Indonesia menyukai makanan ringan. Lihatlah jenis camilan di sekitar Anda, pasti ada banyak. Beberapa camilan paling populer di masyarakat kita adalah makanan goreng, kentang goreng, kue, dan banyak lagi.

1. Usaha bisnis Berbagai Jenis goreng
Biasanya, untuk mengelola bisnis gorengan ini, Anda membutuhkan modal yang tidak terlalu penting, modal awalnya memang sangat terasa, karena Anda harus membeli banyak peralatan dan bahan untuk memulai bisnis gorengan. Beberapa jenis makanan goreng yang laris di pasaran adalah:

  • Bisnis kuliner menjual pisang goreng
  • Buka usaha yang menjual udang bakwan
  • Usaha makanan menjual ubi goreng dan singkong
  • Usaha makanan menjual risoles
  • Perusahaan kuliner tahu konten yang digoreng (mis. Tofu Jeletot Tahu isi)
  • Usaha gorengan tempe

Jika ingin mengembangkan sektor makanan gorengan, selalu sediakan jenis gorengan di atas, karena permintaan tentu sangat penting.

Membuka usaha kuliner goreng sepertinya kurang asik, bahkan beberapa pengusaha potensial tidak mau menjalankannya karena alasan gengsi atau malu. Namun, bagi seseorang yang berjiwa wirausaha, bisnis gorengan ini adalah peluang camilan komersial yang berpotensi membawa manfaat.

2. Berbagai bisnis keripik
Beberapa keripik adalah makanan cemilan yang sangat disukai masyarakat kita. Ada beberapa jenis keripik yang selalu laris dijual di pasaran, misalnya;

  • Bisnis kuliner keripik singkong.
  • Bisnis kuliner keripik kentang.
  • Upaya kuliner untuk keripik pisang.
  • Bisnis makanan keripik rebung.
  • dan lainnya.

Bisnis berbagai jenis keripik juga dapat dilakukan secara online, Anda tahu. Ada beberapa pengusaha keripik yang menjual produknya secara online, tentu saja target pasarnya menjadi lebih luas dan dapat memberikan manfaat lebih besar.

3. Berbagai bisnis kue 
Saat ini ada banyak jenis kue di pasaran, baik online maupun offline. Menurut saya, ada dua jenis kue pada umumnya, yaitu, kue kering dan kue basah. Kue kering dapat bertahan lebih lama setelah diproduksi dan disimpan dengan benar.

Tidak seperti kue basah, jenis kue ini tidak tahan lama dan harus dimakan dengan cepat jika tidak tengik dan tidak enak. Perhatikan kue jenis apa yang akan Anda jual, apakah cocok dengan target pasar Anda?

Menurut pengalaman saya, kue kering bisa dijual online atau offline karena lebih tahan lama. Biasanya, kue jenis ini dicari pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat hendak Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

Beberapa jenis bisnis kue kering meliputi:

  • Kue nastar
  • Putri Salju
  • Tart Sagu Keju
  • Pie Dahlia untuk bisnis kuliner.
  • dan masih banyak lagi

Sementara kue basah biasanya dijual offline di pasar tradisional atau di pusat perbelanjaan. Kue basah ini dibeli lebih sering dibandingkan dengan kue dan permintaannya sangat besar. Beberapa kue yang paling banyak dijual di pasaran adalah kue lapis, kue lemper, kue kukus, kue bolu, kue apem, dan lainnya.

B. Ide bisnis makanan utama (pembukaan kios makanan)
Seperti disebutkan di atas, makanan adalah kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa dikesampingkan. Yang dimaksud dengan bisnis makanan / restoran ini adalah bisnis yang menjual makanan utama bukan makanan ringan.

Makanan utama Indonesia biasanya terdiri dari nasi, lauk dan sayuran. Makanan ini dijual di warung / restoran, meskipun mereka dapat menjual makanan dan minuman.

1. Usaha kuliner membuka warung makan sederhana
Biasanya, bisnis warung makan ini sangat diminati jika lokasinya sekitar perkantoran, kampus dan sekolah, karena, tentu saja, orang akan mencari makanan saat makan siang. Jenis-jenis makanan yang ditawarkan di stand makanan biasanya adalah makanan buatan sendiri dengan harga yang relatif murah.

Modal yang dibutuhkan untuk membangun warung makan relatif lebih kecil dibandingkan jika kami menjalankan bisnis restoran. Namun, kita harus menyadari bahwa niat dan keuletan diperlukan untuk menjalankan bisnis warung makan.

Beberapa contoh adalah:

  • bisnis Tegal (warteg)
  • Bisnis kuliner bubur, roti panggang dan kedai kopi.
  • Menjalankan bisnis makanan
  • dan lainnya

2. Restoran bisnis makanan terbuka
Untuk membuka bisnis restoran, tentu saja, Anda membutuhkan modal besar, terutama jika restoran tersebut adalah merek baru. Biasanya, banyak perusahaan restoran dibangun di pusat perbelanjaan, keramaian di pusat kota dan tempat-tempat lain yang mudah terlihat. Tentu saja, jenis makanan yang dijual di restoran sangat berbeda dengan yang dijual di warung makanan biasa, dan tentu saja, harga juga cenderung lebih mahal.

Restoran terkenal sering memiliki pelanggan setia mereka sendiri yang kembali ke tempat mereka. Namun, jika restoran tersebut adalah merek baru, tentu saja dibutuhkan lebih banyak usaha dan modal untuk membuatnya lebih terkenal. Ini adalah tantangan bagi pengusaha yang menjalankan perusahaan restoran.

Beberapa contoh adalah:

  • Tempat makan di restoran Padang
  • Restoran jepang
  • Restoran khusus seafood.
  • dan lainnya

 5,330 total views,  2 views today

Related posts

Leave a Comment