PARIPURNA DPRD KOTA BENGKULU SAHKAN 6 RAPERDA

Beritarakyatonline.com – Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu digelar di Gedung DPRD Kota Bengkulu dalam agenda pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi perda, pada hari Senin (19/8).

Dalam paripurna tersebut terdapat 6 rancangan peraturan daerah yang di ulas untuk di sahkan. Enam perda yang disahkan tersebut diantaranya ialah :

  1. Raperda pemakaian kekayaan daerah yaitu perubahan kedua atas Perda nomor 2 tahun 2014 tentang pemakaian kekayaan daerah.
  2. Raperda pajak hiburan yaitu perubahan atas perda nomor 3 tahun 2012 tentang pajak hiburan
  3. Raperda retribusi pelayanan kesehatan RSUD Kota Bengkulu yaitu pencabutan perda kota Bengkulu nomor 18 tahun 2013 tentag retribusi pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bengkulu sebagaimana telah diubah dengan perda Kota Bengkulu nomor 7 tahun 2016 tentang perubahan atas perda kota Bengkulu nomor 18 tahun 2013 tentang retribusi pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah.
  4. Raperda pelayanan kesehatan hewan ternak dan pemeriksaan bibit yaitu pencabutan Perda nomor 7 tahun 2002 tentang pelayanan kesehatan dan hewan ternak, pemeriksaan bibit ternak.
  5. Raperda tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.
  6. Raperda penyelenggaraan perparkiran.

Enam Raperda tersebut disahkan oleh ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi. Dengan sebelumnya telah dibentuk 3 panitia khusus (pansus) untuk pembahasannya.

Turut hadir dalam rapat Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah kota Bengkulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPRD Kota Bengkulu, terutama Bapemperda dan Pansus DPRD Kota Bengkulu karena sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bengkulu terkait pembahasan enam Raperda tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada DPRD Kota Bengkulu melalui Bapemperda dan Pansus DPRD Kota Bengkulu bersama dengan Pemkot Bengkulu sudah membahas enam Raperda tersebut,” tandas Dedy Wahyudi.

Wakil Walikota Bengkulu juga mengatakan bahwa pengesahan 6 Perda ini tujuannya untuk dapat memajukan kesejahteraan daerah melalui peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bengkulu sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945.

“Dengan disetujuinya enam (6) Raperda menjadi Perda, ini memiliki keuntungan untuk PAD, maka mendapatkan dukungan penuh. Agar penerapan didukung dari segi anggaran.” Jelasnya.

Sementara itu, dalam penjelasan Ketua Bampemperda DPRD Kota Bengkulu, Kusmito Gunawan mengatakan, DPRD Kota Bengkulu sudah mengesahkan sebanyak 54 Perda selama lima tahun masa jabatan anggota DPRD Kota Bengkulu periode 2014-2019.

“Selama lima tahun kami menjabat, sudah ada 54 Raperda kita sahkan menjadi Perda,” jelasnya. (BRO)

119 total views, 4 views today

Related posts

Leave a Comment